Jumat, 09 Desember 2016

Instal Kloxo MR 7 di CentOS 6

Kloxo MR merupakan contol panel atau cPanel gratisan yang kinerjanya sama seperti cPanel berbayar, bahkan fungsi yang ada dalam Kloxo MR bisa melebihi cpnael yang berbayar sesuai dengan kebutuhan kita, bagi agan-agan yang familiar menggunakan hosting untuk mengoperasikan websitenya tentunya sudah mengetahi keunggulan cpanel berbayar yang digunakan web hosting untuk operasional user mereka.

Bagi agan-agan yang menggunakan Virtual Private Server (VPS) dan Dedicated Server tentunya harus memutar otak untuk mencari cpanel yang gratisan, jika menggunakan cpanel berbayar maka kita harus bersiap-siap merogoh gocek sekitar $15 per bulan belum lagi membayar sewa VPS atau DS yang kisaran Rp. 200.000 hingga Rp. 2.500.000 per bulan tergantung kapasitas HDD dan RAM.

Tetapi jangan takut dulu gan, masih ada harapan untuk agan bisa berkarya atau mengobarak-abrik isi VPS agan tanpa harus mengeluarkan gocek banyak per bulan, asal rajin mencari informasi di mbah google saja banyak kok informasi cara menginstal Kloxo MR hingga menambah modul lain yang sesuai dengan kebutuhan skrip website yang ingin dibangun.

Oh ya sekilas bagi agan-agan yang baru kenal dengan Kloxo MR yaitu sebuah cpanel yang medukung sistem operasional pada sebuah server pada sistem opersional Linux yang sudah banyak dikembangkan secara garatis seperti CentOS, Debian, Ubuntu dll. Dan yang lebih membanggakan kita sebagai orang Indonesia adalah Kloxo MR awalnya dibuat dan dikembangkan oleh orang Indonesia asli yaitu Bapak Mustafa Ramadhan hingga sekarang, makanya disebut Kloxo MR dari singkatan Mustafa Ramadhan, hebat bukan dan yang pasti Kloxo MR sudah digunakan olah pengguna internet seluruh dunia..!

Waduh pengatarnya panjang yaaaaa...! sorry gan ide nulis lagi lancar. Baik kita ke TKP saja dech..!

Untuk langkah awal mengistal Kloxo MR pada CentOS 6 agan harus menggunakan SSL atau Putty untuk me-root server agan untuk mengisntal Kloxo MR. Setelah masuk di root server update CentOS terlebih dulu dengan perintah berikut :

yum update -y

Setelah selesai mengupdate centos instal paket berkut yang dibutuhkan oleh Kloxo MR
yum install yum-utils yum-priorities vim-minimal subversion curl zip unzip -y
yum install telnet wget -y

Nonaktifkan SELinux
setenforce 0

Jika tidak bisa, anda bisa menggunakan perintah berikut
echo 'SELINUX=disabled' /etc/selinux/config

Berikut masuk ketahap persiapan untuk menginstal Kloxo MR, menjalankan /
cd /tmp

Kemudian menghapus rpm lama dengan perintah
#  rm -f mratwork*

Download repo file menggunakan wget
wget https://github.com/mustafaramadhan/kloxo/raw/rpms/release/neutral/noarch/mratwork-release-0.0.1-1.noarch.rpm --no-check-certificate
rpm -ivh mratwork-release-0.0.1-1.noarch.rpm

Kemudian kembali ke /
cd /

Kita bersihkan dulu semua yang kita instal tadi, maksudnya membersihkan disini yaitu membuang sampahn yang tidak dibutuhkan oleh Kloxo MR 7 agar lancar.
yum clean all
yum update mratwork-* -y
*Catatan:
Jika saat anda mengginstal kloxo mr 7 muncul informasi "http://repo.varnish-cache.org/redhat/varnish-3.0/el6/i386/repodata/repomd.xml: [Errno 14] PYCURL ERROR 22 - "The requested URL returned error: 410 repo"
Trying other mirror.
Error: Cannot retrieve repository metadata (repomd.xml) for repository: mratwork-varnish-3.0. Please verify its path and try again"
silakan menggunakan perintah berkut ini
yum update mratwork-* --disablerepo=*varnish* -y
yum install kloxomr7 -y

Nah sampai tahap ini kita sudah menyelesaikan penginstalan Kloxo MR 7 di centos 6 hanya saja anda masih belum bisa masuk di URL www.webanda.com:7777 jika menggunakan SSL dan www.webanda.com:7778 tidak menggunakan SSL. Jika belum menggunakan skrip dibawah ini.
sh /script/upcp

Demikian kita sudah menyelesaikan pengistalan Kloxo MR 7 dan untuk login awal gunakan User : admin dan Password : admin kemudian jangan lupa mengubah Password jika sudah berhasil masuk ke cpanel.

Kiranya ini dulu gan, jika ada informasi lain yang masih kurang silakan isi komentar dibawah untuk saling berbagi ilmu biar dapat pahala...hehehehe...!

Sumber : https://github.com/mustafaramadhan/kloxo/blob/dev/how-to-install.txt
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: