Minggu, 19 Juni 2016

Cara Mendapatkan OAuth 2.0 client ID Untuk Login Dengan Akun Google

Saya yakin agan-agan sudah tidak asing lagi dengan akun google seperti gmail, google plus dan banyak lagi kegunaan akun google jika kita berkecimpung di dunia maya. Cukup satu akun google yang agan-agan p
unya sudah bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegunaan baik yang berhubungan dengan produk google maupun produk selain punya google, seperti ingin mendaftarkan akun di web lain, pasti ada tombol login menggunakan akun google, yang berarti dengan satu akun google tersebut anda dapat menggunakannya dengan berbagai manfaat.

Setelah mendirikan indup perusahaan mereka yang bernama alphabet, google banyak melakukan perubahan baik yang berhubungan dengan managemen bisnis mereka maupun produk layanan yang mereka miliki yang diberikan kepada pengguna. Kadang-kadang bagi kita yang pengetahuannya pas-pasan untuk melakukan penyetingan produk layanan google ketika ada perubahan membuat kita takut untuk mengotak-atiknya walaupun sebenarnya kita sudah memiliki fasilitas tersebut, contoh perubahan tampilan layanan google yang dulu dan sekarang sangat banyak berubah, karena produk layanan google sekarang makin banyak sehingga membuat kita jadi bingung untuk melakukan penyetingan ulang.

Seperti judul diatas kita akan membuat autentikasi ID untuk tombol login pada website kita, agar jika ada orang yang ingin mendaftar menjadi user diwebsite kita tidak perlu lagi mengisi form pendaftaran, cukup dengan menekan tombol akun google maka orang sudah bisa terdaftar menjadi user di web kita.

1. Agan harus memiliki akun google, dan kadang-kadang tombol login google ini sudah ada plug atau modulenya jika website agan menggunakan skrip website Content Management System (CMS) maka silakan diinstal dulu ke websitenya.
2. Masuk ke halaman browsing, terserah menggunakan aplikasi apa google chrome, firefox, microsoft edge dll, dan arahkan url-nya ke : http://code.google.com/apis/console/
jika agan belum masuk ke akun googlenya silakan masuk dulu.
3. Kemudian membuat proyek baru, klik "BUAT PROYEK". Catatan : gunakan bahasa Indonesia agar lebih memudahkan agan memahami petunjuk yang diarahkan oleh layanan yang ingin dibuat.
4. Selanjutnya agan akan membuat nama proyek, silakan isi kolom nama proyeknya.
setelah membuat nama proyek jangan lupa tekan tombol warna biru "Buat"
5. Nah pada halaman ini agan akan diberi pilihan ingin membuat layanan google yang mana, karena dari semua pilihan ini berbeda kegunaanya.
Pilih langkah (1) "Kredensial", kemudian langkah (2) klik tombol "Buat Kredensial". Jangan ikuti langkah ke (3) jika anda ingin membuat login.
6. Masih pada halaman diatas pilih "ID klien 0Auth"
7. Isi semua kolom yang tersedia.
  1. Buat Nama Proyek
  2. Alamat url website agan
  3. Untuk logo bisa menggunakan alamt url gambar ukuran maksimal 120x120px
  4. Jika pada website agan ada kebiakan provasi silakan masukan alamt url-nya pada kolom ini, kita tidak tau persis maksud google meminta alamat ini, tetapi karena ini (Opsional) berarti wajib untuk diisi.
  5. Sama seperti kolom 4 harus diisi kalau ada persyaratan layanan
  6. Kemudian klik tombol "Simpan" untuk mendapatkan ID
8. Setelah selesai tahapan pada langkah ke 7, agan akan masuk lagi ke halaman berikutnya untuk mendapatkan scret atau ID kerahasiaan.
silakan isi sesuai dengan permintaan pada kolom, pada kolom URL pengalihan yang sah ambil dari aplikasi plugin/moduls yang anda instal di website agan, gambar berikut contohnya yang dilingkar warna merah, jika sudah selesai tekan tombol "Simpan"

9. Lihat ID Klien dan Rahasia klin yang ane blog warna hitam (sorry itu tahasia ane). 
Oke itu langkah demi langkah untuk mendapatkan OAuth 2.0 client ID google, ada beberapa langkah yang masih belum lengkap diatas, karena ane sulit melanjutkan jika hanya latihan. Silakan diotak-atik lagi jika tidak berhasil, jangan takut salah yang penting bisa.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: