Sabtu, 18 Juni 2016

Membuat Tombol Share dan Manfaatnya untuk Blog

Sekedar pertanyaan gan, kenapa setiap konten sebuah website/blog selalu ada tombol share?? ane yakin bagi agan-agan yang sudah punya web/blog pasti sudah familiar dengan tombol share, tapi bagi agan-agan yang masih pengen tau jawabannya pasti akan menyimak artikel ini hingga akhir.

Jawaban singkatnya, tombol share yang terdapat dibawah, diatas atau ada juga disamping kiri/kanan konten web/blog sangat-sangat bermanfaat untuk membagikan konten yang kita buat agar cepat diketahui oleh teman-teman atau sahabat kita yang memiliki akun di media sosial tujuan share kita, dan ini akan mempercapat trafik konten maupun web/blog kita, atau yang lebih enak lagi bahasanya beriklan gratis ke media sosial. Sekali share saja ke salah satu media sosial (facebook, twitter, linkedin, google plus dan pinterest) rata-rata trafik yang ada dapatkan sekitar 5 hingga 10 kunjungan, keren kan..! dengan catatan agan-agan harus memiliki akun disemua media sosial yang ingin dijadikan tujuan share.

Memanfaatkan share konten ke media sosial sangat besar, jadi jangan malas untuk melakukan share apa saja konten yang anda isi di web/blog agan, baik gambar, video atau artikel, bahakan bisa dilakukan berulang-ulang jika isi konten tersebut memiliki up date informasinya.

Hampir setiap web/blog terdapat tombol share bawaan dari web/blog yang kita miliki, tetapi kadang-kadang rasanya kita ingin yang lebih baik dan praktis sesuai dengan selera kita. Pada blogger misalnya kalau kita menggunakan template bawaan dari bloggernya terlihat kurang lengkap, makannya kita perlu memodifikasi template blog kita agar memiliki tombol share yang lebih keren dan berfungsi dengan baik.

Berikut kita langkah demi langkah akan ane sajikan dan dilengkapi dengan gambar. Pada tutorial kali ini ane menggunakan tombol share addthis tetapi agan-agan juga bisa menggunakan tombol share lain.
1. Jika agan ingin menggunakan tombol share addthis maka langkah awal yang harus dilakukan yaitu login ke web addthis, bagi yang belum memiliki akun di addthis silakan mendaftar dulu gratis kok gan jika menggunakan tombol yang gratisan, tetapi ada juga yang pro jika ingin berbayar.
Pilih tombol yang bertulis Free jika ingin yang gratisan.
2. Setelah agan memilih salah tombol, klik "GET THE CODE" atau bahasa Indonesia nya, dapatkan kode dalam bentuk HTML dan Javascript.
3. Agan akan masuk ke halaman kode, sebelum masuk ke halaman kode sebenarnya agan masih bisa memodifikasi tampilan kode, dan sudah disiapkan beberapa alternatif pilihan yaitu dengan menekan tombol "SETTING", tetapi karena terlalu pajang mungkin lain kali akan kita bahas, tetapi silakan agan-agan coba otak-atik sendiri untuk membuat costumized tampilan tombol sharenya.
Lihat lingkaran kotak warna merah, kode itu yang anda ambil, kemudian pada panah yang warna merah, masuk ke halaman template "edit html" cari kode </body> dan letakan kode javascript pada gambar diatas di posisi diatas kode </body> tersebut.
4. Kemudian pada halaman kode addthis scroll ke bawah masih ada satu kode html lagi yang harus agan copy ke template blog agan.

Copy kode html yang dilingkar warna merah dan paste ke template blog agan diposisi <data:post.body/> letakan skrip html tersebut dibawahnya, lihat gambar berikut.
5. Setelah semua kode tercopy ke template blog agan-agan jangan lupa tekan tombol "Simpan template" agar benar-benar tertanam di template blognya, dan silakan lihat hasilnya..!
Demikian tutorial membuat tombol share di konten web/blognya, semoga bermanfaat..! selamat mencoba.


Previous Post
Next Post

post written by:

0 komentar: